Alur Rawat Inap Asuransi di RSUD Kota Bekasi




Ketika sedang sakit maka biasanya hal yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat adalah dengan berobat di layanan kesehatan. Seperti misalnya layanan kesehatan yang paling umum digunakan adalah di rumah sakit yang menawarkan banyak sekali layanan kesehatan yang dibutuhkan untuk mengobati pasien. Salah satu rumah sakit yang bisa dipilih adalah di RSUDKota Bekasi  bagi Anda yang berdomisili di Bekasi dan daerah sekitarnya.

Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi sendiri sudah didirikan semenjak 1939. Ketika Bekasi masih bagian dari Karisedenan Jatinegara, cikal bakal rumah sakit ini didirikan untuk merawat masyarakat daerah sekitar. Pada 1942, tempat pelayanan kesehatan tersebut kemudian diubah menjadi Poliklinik Bekasi yang menjadi basis perlengkapan P3K. Sedangkan saat Indonesia sudah merdeka, Poliklinik berubah menjadi rumah sakit pembantu yaitu pada 24 Juli 1946. Status tempat layanan kesehatan ini menjadi RSUD Kabupaten Bekasi dimulai pada tahun 1950-an dan sampai sekarang ini dikenal sebagai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid. Sebagai salah satu rumah sakit yang bisa dipilih di Bekasi, RSUD menawarkan banyak layanan kesehatan yang bisa Anda pilih. Rumah sakit ini juga menawarkan kemudahan pembayaran karena bisa menerima asuransi yang dimiliki oleh pasien. Misalnya saja bagi Anda yang mempunyai asuransi AdMedika, dapat memilih RSUD Bekasi sebagai tempat mendapatkan layanan pengobatan yang dibutuhkan. Dimana untuk alur rawat inap menggunakan asuransi di rumah sakit ini adalah:

  1. Tahap pendaftaran
Tahap pertama bagi Anda yang mempunyai asuransi AdMedika ketika dirawat di RS adalah dari pendaftaran. Dimana hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menunjukkan kartu peserta dan juga kartu identitas ke petugas ketika sedang mendatar apabila akan mendapatkan perawatan. Hal tersebut bisa Anda lakukan ketika ingin mendapatkan layanan kesehatan untuk melahirkan ataupun rawat inap. Selanjutnya adalah petugas akan mengecek kartu peserta dengan menggesek kartu di terminal EDC. Anda akan mendapatkan cetakan LoA, dan apabila disetujui maka akan dinilai claim yang diajukan layak atau tidak disetujui oleh pihak asuransi. Langkah terakhir dari tahap ini adalah akan mendapatkan surat konfirmasi dan informasi yang diberikan oleh pihak asuransi.

  1. Tahap pelayanan
Tahap selanjutnya adalah pelayanan dimana pasien akan mendapatkan perawatan pelayanan yang dibutuhkan dari rumah sakit. Dalam tahap ini juga akan dilakukan monitoring berjalan dan memastikan bahwa asuransi yang diberikan tidak disalahgunakan. Baik itu misalnya dari limit yang telah diberikan dan layanan kesehatan yang sudah disepakati bersama. Sehingga dalam tahap ini pasien akan mendapatkan manfaat dari asuransi yang dipunyai.

  1. Tahap pendaftaran keluar
Tahap ketiga dari alur mendapatkan rawat inap ataupun melahirkan menggunakan asuransi di RSUD Bekasi adalah tahap pendaftaran keluar. Tahap ini adalah ketika Anda sudah bisa diperbolehkan pulang karena kesehatan sudah membaik, maka langkah terakhir adalah dengan konfirmasi ke pihak asuransi. Provider akan memberikan tagihan akhir dari perawatan yang Anda dapatkan ke pihak asuransi. Setelah asuransi melakukan pengecekan maka akan mendapatkan surat pernyataan claim untuk pembayaran.

  1. Tahap setelah pembayaran
Tahap terakhir dari alur perawatan bagi Anda yang menggunakan asuransi, dalam hal ini AdMedika adalah tahap setelah pembayaran. Dimana setelah ada konfirmasi bahwa tagihan akan dibayarkan oleh asuransi ataupun peserta maka peserta diperbolehkan pulang. Setelah asuransi disetujui dan juga telah dikeluarkannya detail claim dari pihak asuransi, maka pasien sudah bisa meninggalkan RSUD Kota Bekasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Rawat Inap Asuransi di RSUD Kota Bekasi"

Post a Comment